Ingin Membangun Rumah Tingkat Minimalis? Perhatikan 3 Tips ini

Ingin Membangun Rumah Tingkat Minimalis? Perhatikan 3 Tips ini

Bagi kebanyakan orang yang tinggal di kawasan pemukiman yang padat penduduk dengan lahan terbatas pasti mempunyai keinginan untuk membuat rumah minimalis bertingkat dikarenakan terbatasnya lahan untuk mencukupi kebutuhan ruangan.

Selain itu harga tanah / lahan saat ini semakin mahal dan akan terus naik harganya tiap tahun. Hal ini tentu membuat kita memutar otak dalam membangun rumah apalagi yang akan dibangun adalah rumah bertingkat.

Berikut tips untuk membangun rumah tingkat minimalis di area padat penduduk

1. Perencanaan Tata Letak Ruangan Rumah Bertingkat

Perencanaan perlu dan mutlak dibutuhkan sebelum melakukan hal apapun. Apalagi untuk pembangunan rumah, dan tidak hanya satu lantai namun dua lantai ditambah kondisi lahan terbatas.

Sebelum menyusun rencana anggaran untuk pembelian bahan bangunan beserta jasa konstruksinya, buatlah ‘gambaran kasar’ tentang fungsi tiap lantai. Jika mengacu pada karakteristik arsitektur minimalis, biasanya lantai pertama digunakan sebagai ruangan publik.

Ruangan ini dimaksudkan untuk tempat berkumpulnya penghuni rumah saat melakukan aktivitas bersama seperti menonton TV, makan bersama, atau sekedar tempat bercengkerama.

059-mengatur-tataletak-rumah-minimalis

Kesimpulannya, yang harus ada di lantai pertama ini adalah ruang keluarga, ruang tamu, ruang makan, dan dapur. Bisa juga ditambahkan toilet khusus untuk tamu. Sedangkan untuk lantai kedua merupakan area pribadi yang terdiri dari kamar tidur dan kamar mandi.

Apabila luas area masih memungkinkan, bisa ditambahkan ruang keluarga kecil dan teras balkon. Berkonsultasi dengan ahli seperti ahli interior design sangat diperlukan untuk membantu dalam memvisualisasikan ide-ide anda.

2. Penempatan Area Basah dan Instalasi Listrik Rumah Bertingkat

denah-instalasi-listrik-rumah-dan-peralatan-listrik-seperti-stopkontak-768x512

Setelah merencanakan tata letak sudah selesai, kita perlu mempertimbangkan penempatan area basah seperti wastafel, kamar mandi, dan toilet.

Sebisa mungkin usahakan agar area basah di lantai satu dan dua berada pada posisi tegak lurus. Hal ini bertujuan agar pemasangan pipa saluran air ataupun saluran pebuangan menjadi mudah, serta untuk mencegah terjadinya kebocoran pada pipa.

Untuk instalasi listrik, pemilik rumah perlu mengkalkulasikan secara tepat besaran daya listrik di lantai satu dan lantai dua.

Pemilik rumah perlu memastikan agar daya listrik lantai dua tidak membebani nominal daya listrik rumah. Grouping (pengelompokan) baru perlu dibuat untuk memudahkan instalasi listrik di lantai dua.

3. Memeriksa Struktur Bangunan Rumah

hqdefault

Membangun rumah bertingat sesuai dengan rencana awal bisa dibilang akan mudah dan bisa berjalan sesuai rencana daripada mengubah rumah satu lantai menjadi rumah bertingkat dua lantai. Terlebih lagi, apabila kita membeli rumah langsung jadi dari orang lain atau rumah siap pakai di komplek perumahan.

Kita tidak tahu secara persis kekuatan dari struktur bangunan tersebut karena tidak terlibat langsung dalam proses pembangunannya. Tanpa struktur yang kuat rumah bisa roboh akibat beban yang terlalu berat. Maka dari itu kita perlu melakukan pengujian struktur bangunan.

Pengujian struktur yang akan dilakukan diantaranya :

  • Pondasi
persiapan struktur panel lantai pondasi

Pertama kita perlu menentukan dua titik pondasi kemudian melakukan penggalian sampai struktur rumah terlihat sekitar kedalaman 50 cm. Bila kedalaman pondasi 90 cm atau lebih, maka rumah aman dan siap untuk diubah menjadi tingkat dua lantai.

Selain itu cek juga mutu pondasi menggunakan pahat beton. Bila pondasi tidak pecah maka mutu pondasi baik dan memenuhi syarat. Bila pondasi rumah tidak lolos pengujian,artinya pondasi perlu diperkuat terlebih dahulu

  • Kolom
persiapan struktur panel lantai kolom

Untuk menguji struktur kolom, gunakan pahat beton. Jika kolom struktur keras, maka kolom cukup kuat untuk menahan beban. Besi tulangan minimal empat untuk kolom praktis dan enam untuk kolom utama. Dua besi tulangan tersebut harus berdiameter 12 mm atau lebih

  • Ring Balok
persiapan struktur panel lantai balokan

Pengujian ring balok disini hampir sama dengan cara menguji kolom, yaitu menggunakan pahat beton. Selain itu besi tulangan pada bagian ini harus berjumlah 4 buah dengan diameter 10 mm dan tebal ring balok minimal 15 x 15 cm.

Setelah selesai melakukan 3 pertimbangan diatas, saatnya kita menentukan bahan material bangunan yang akan dipakai.

Dalam hal ini, untuk membangun atau merenovasi rumah bertingkat kami merekomendasikan menggunakan bahan bangunan pengganti dak cor konvensional yang disebut Panel Lantai.

Apa itu Panel Lantai?

pengertian dak hebel panel lantai

Panel lantai atau biasa orang menyebut dak hebel adalah bahan material bangunan untuk pengganti beton cor dak konvensional.

Panel lantai dicetak dalam bentuk lembaran, terbuat dari tulangan anti karat, pasir silika dan semen berkualitas tinggi.

Keunggulan Panel Lantai dibanding Dak Cor Konvensional

1. Lebih Ekonomis

Total harga dan biaya terpasang masih jauh lebih murah sekitar 40 – 50% dari biaya pengecoran lantai biasa/dak konvensional

2. Lebih Cepat

Kecepatan pemasangan dilapangan 50M2 lantai per hari hanya dengan 3 orang pekerja

3. Hemat Waktu Tunggu Beton Kering

Jika pengecoran biasa kita harus menunggu kering material beton, sehingga perancah tidak bisa dibuka setidaknya selama 3 minggu.

Dengan panel lantai, waktu tunggu menjadi tidak ada. Sesaat setelah pengerjaan pemasangan panel lantai selesai, pekerjaan lanjutan dilantai bawah sudah langsung dapat dilakukan.

4. Tidak Perlu Membuat Bekisting Cor

Panel lantai tidak membutuhkan bekisting dan perancah selama proses pemasangan. Hal ini akan menghemat waktu dan biaya.

5. Lebih Ramah Lingkungan

Menghilangkan penggunaan perancah bambu atau kayu dan juga papan bekisting.

6. Lebih Ringan

Panel lantai menggunakan beton dengan density 750 s/d 850 kg/m3, dibanding dengan cara cor biasa menggunakan beton dengan berat 2400 kg/m3.

Dengan kata lain, jika tebal plat lantai 12 cm, maka setiap 8 m3beban lantai berkurang 1.55 ton.

Terus Dimana Bisa Membeli Material Panel Lantai?

Anda bisa membeli material panel lantai di CV. Nobel Bangun Perkasa

Karena CV. Nobel Bangun Perkasa menyediakan “PAKET PANEL LANTAI TERPASANG CITICON” dijamin anti ribet dan super komplit. Karena paket tersebut berisi dan sudah termasuk

  • Material Panel Lantai
  • Free Jasa Pemasangan
  • Free Semen Grouting
  • Free Pembesian
  • Free Ongkir dan Penurunan
  • Free Survey dan Pengukuran

Jadi anda tidak perlu repot memikirkan “Nyari tukang pasang panel lantai, Udah Free Ongkir Belum” anda cukup duduk manis dan biar kami yang mengerjakan semuanya. Soal harga, buktikan sendiri hematnya dengan klik tombol dibawah ini.


Distributor Jual Panel Lantai di Surabaya

CV. Nobel Bangun Perkasa merupakan perusahaan distributor jual panel lantai Surabaya. Telah berpengalaman sebagai penyuplai panel lantai untuk project swasta, end user, ritel toko bangunan, dan project BUMN.

Selain menjual panel lantai, kami juga menyediakan berbagai macam bahan bangunan seperti

  • Semen Instan / Semen Mortar
  • Bata Ringan
  • Granit
  • Papan board : Gypsum dan Kalsi
  • Tandon
  • Galvalum

Kami juga menyediakan jasa konstruksi diantaranya

  • Jasa Pelaksana Konstruksi Bangunan
  • Jasa Renovasi Rumah atau Gedung
  • Jasa Pemasangan Panel Lantai Untuk Bangunan
nobel bangun perkasa surabaya

KUNJUNGI KANTOR KAMI

NOBEL BANGUN PERKASA SURABAYA

Jl. Simo Tambaan Sekolahan No 63B Surabaya

(031) 511 63249

HUBUNGI MARKETING OFFICER

081226895252082234916555082125850133

Diterbitkan oleh @NBP-SUPPLIER

NOBEL BANGUN PERKASA-GROUP Adalah Perusahaan DISTRIBUTOR-SUPPLIER MATERIALS BUILDING MODERN & TOOLS yang berkantor pusat di kota Surabaya Dengan dukungan kantor cabang dikota : Madiun, Malang, Jember, Banyuwangi, Yogyakarta Dan Semarang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: